Candi Badut

Candi Badut Malang

Karang Besuki, Sukun, Malang

Dari namanya saja mungkin akan terkesan atau mengandung hal yang lucu-lucu yaitu badut. Nama Candi Badut sebenarnya berasal dari bahasa sansekerta “Bha-dyut” yang artinya sorot Bintang Canopus atau sorot Agastya.

Candi Badut terletak di kelurahan Karang Besuki, Sukun, Malang atau lebih mudahnya yaitu dekat dengan sub terminal Tidar untuk angkutan kota (angkot) berlabel AT ( Arjosari Tidar ). Dengan begitu akan lebih mudah untuk menjangkau lokasi candi Badut karena candi Badut berada di utaranya sub terminal Tidar ini.

Candi Badut ditemukan pertama kali oleh Maureen Brecher berupa gundukan batu pada tahun 1921. Pada tahun 1925-1927 oleh De Haan yang bekerja di kantor purbakala Hindia Belanda melakukan pembangunan kembali candi Badut ini karena pada saat penggalian kondisi candi dalam keadaan runtuh, kecuali bagian kaki-kaki candi badut.

Kondisi lokasi Candi Badut memang berada di tengah-tengah pemukiman penduduk sehingga untuk memasuki area candi akan terasa mengalami sedikit kesulitan. Hal ini juga kemungkinan dikarenakan tidak ada kepedulian pemerintah setempat untuk mengelola candi Badut untuk di upayakan sebagai tempat wisata purbakala.

sumber :

http://cityguide.kapanlagi.com/malang/wisata/35637-candi-badut.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s