Ini Superhero Kita

Ini Superhero Kita

ini superhero kitaIni Superhero Kita – Superhero, selama ini identik dengan komik-komik Amerika dan juga film-film dari Hollywood. Emang bener lho sobeX, dedengkot komik superhero kan ada di Amerika sana. Seperti Superman, Spiderman, Captain America, Fantastic Four, Thor, Iron Man dan masih banyak lagi. Tapi jangan salah nih sobeX, Indonesia juga punya superhero kok.

“Sayangnya remaja kelahiran 1990 pasti sudah sedikit sekali yang tahu dengan superhero asli Indonesia,” keluh Afrizal melalui akun facebook-nya di forum online untuk diskusi tema Xpresi. Afrizal sendiri seorang pecinta komik kelahiran akhir tahun 70-an lho sobeX.
“Padahal banyak inspirasi, motivasi dan teladan yang dapat diambil dari karakter seorang superhero,” tambah Afrizal lagi.

Mmm, buat pendapat yang terakhir nih, Xpresi mengamini nih. Emang nggak bisa dipungkiri lho sobeX, seorang superhero adalah gambaran dari negara yang dia bela. Mau contoh? Coba sobeX perhatikan, apa warna yang paling dominan pada kostum superhero Amerika?
Jawabannya, Superman merah-biru, Spiderman merah-biru, Thor merah-biru, Iron Man merah-emas, Captain America merah-biru, Fantastic Four biru-putih-kuning, Daredevil merah dan banyak superhero lainnya. sobeX sadar nggak kalau superhero Amerika itu didominasi ama dua warna, merah dan biru.

“Warna merah dan biru adalah warna nasionalisme Amerika. Kedua warna tersebut mendominasi bendera negara mereka. Nggak heran deh kalau gitu,” kata Ilham Saputra dari Unand.

ini superhero kita

Cowok yang kuliah di Sastra Inggris ini mengatakan bahwa warna nasionalisme itulah yang mereka tuangkan dalam karakter superhero. “Secara nggak langsung, superhero mereka merupakan representasi dari nasionalisme negara mereka sendiri. Hal ini juga ada pada superhero Indonesia. Sayangnya superhero kita yang kalah nama,” tutupnya.

Banyak superhero Indonesia yang berlatar belakang dari kebudayaan ataupun daerah tertentu di Indonesia. Ini bukannya tanpa tujuan lho sobeX, tentu aja para kreator superhero ini menciptakan para superhero supaya jadi contoh yang baik buat para remaja yang membaca komik.

“Tapi kita udah kagak tahu lagi dengan para superhero tersebut. Angkatan yang tua aja yang pernah baca komiknya,” keluh Fioza Anasta Putri dari salah satu SMA Swasta di Kota Padang.

Walaupun komik superhero zaman dulu udah jarang beredar dan sulit ditemukan, paling nggak komik buatan komikus termutakhir masih mengusung pesan yang positif.

Seperti Garudayana karya Is Yuniarto. Komik yang sudah sampai pada seri ketiga ini punya banyak penggemar di seluruh Indonesia lho sobeX. Nggak hanya karena karakternya Sang Gatot Kaca yang keren, tapi juga ceritanya yang Indonesia banget dan memiliki banyak pesan moral. (iwan)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Sumber :

http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=25240

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s